Senin, 21 Juni 2010

Saluran Lindi TPA Dibersihkan

Sekitar 79 petugas kebersihan dari Dinas PU Cipta Karya Lamongan kemarin (3/5), melakukan kerja bakti membersihkan saluran pembuangan limbah cair atau lindi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tambakrigadung. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memperlancar proses pembuangan air lindi di TPA tersebut yang sebelumnya sebagian tertutup sampah.

“Meski penilaian Adipura sudah lewat, bukan berarti berhenti melakukan kegiatan kebersihan. Karena itu untuk memperlancar proses pembuangan air lindi, hari ini (kemarin) kami mengerahkan semua petugas kebersihan dan pertamanan yang ada untuk membersihkan saluran pembuangan dari rumput dan endapan sampah, “ ujar Sunasdi, Kabid Kebersihan dan Pertamanan pada Dinas PU Cipta Karya setempat saat ditemui di TPA Tambakrigadung. Selain sekitar 79 petugas kebersihan, kegiatan itu juga melibatkan lima unit truk sampah dan satu buah bulldozer.

TPA Tambakrigadung selama ini menjadi tempat akhir pembuangan sampah warga Kota Lamongan dari sejumlah 16 Tempat Pembuangan Sementara atau TPS yang tersebar di beberapa lokasi. Rata-rata timbulan sampah yang masuk ke TPA ini mencapai 82,8 meter kubik setiap harinya. Jumlah timbulan tersebut sudah dikurangi lewat sejumlah pemrosesan seperti pengomposan di TPA dan dalam skala komunal serta pemilahan oleh 94 pemulung. Sementara total timbulan sampah Kota Lamongan setiap harinya mencapai rata-rata 105,4 meter kubik. Penanganan sampah padat di TPA ini selama ini sudah menggunakan sistem semi sanitary landfill, yakni menimbun tumpukan sampah dengan tanah dalam periode tertentu.

Sementara untuk penanganan limbah cair atau lindi agar tidak menimbulkan pencemaran, dibaut sebuah instalasi pengolahan sebelum lindi ini dibuang keluar TPA. “Di instalasi pengolahan ini juga dibautkan mekanisme penanganan gas metan dengan pembuatan ceorobong buangan. Kedepan akan terus dimatangkan konsep penanganan sampah dengan system sanitary landfill. Yakni sampah akan terlebih dulu dipilah berdasarkan jenisnya sebelum dibuang di TPA. Di TPA Tambakrigadung, meski tidak besar, selama ini sudah ada unit pengomposan sampah dengan kapasitas produksi sekitar 8 meter kubik perhari, “ imbuh Sunasdi.

Tidak ada komentar: