Senin, 21 Juni 2010

PPDB Gunakan Rayon Bebas Dan Skoring Terbuka

Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan sudah menetapkan PPDB atau penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2010/2011 untuk tingkat SMP, SMA dan SMKN mulai 1,2,3 dan 5 Juli 2010. PPDB tahun ini akan mengunakan sistem rayon bebas dan menggunakan skoring terpadu rangking terbuka. Informasi itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Mustofa Nur melalui Plt Kabag Humas dan Infokom Aris Wibawa kemarin.

“Skoring terpadu rangking terbuka btersebut harus diumumkan setiap hari dengan merangking skor nilai kumulatif pendaftar berdasarkan nilai SKHUASBN untuk tingkat SMP dan DNHUN untuk tingkat SMA dengan skor nilai piagam dan sertifikat lomba maupun kejuaraan, “ ungkapnya sambil menyebutkan bahwa surat edaran terkait PPDB tersebut sudah didistribusikan ke sejumlah sekolah di Lamongan. SKHUASBN sendiri adalah surat keterangan hasil ujian akhir sekolah berstandar nasional. Sementara DNHUN adalah daftar nilai hasil ujian nasional.

Terkiat piagam maupun sertifikat yang dihargai dalam PPDB, dia menyebutkan sejumlah kriteria. Yakni piagam yang diterbitkan serendah-rendahnya oleh Dinas Pendidikan kabupaten/kota, Kantor Kementrian Agama di kabupaten/kota, Pemkab/Pemkot maupun Bupati/Walikota. Sementara piagam yang diterbitkan sekolah, yayasan, forum atau organisasi masyarakat tidak masuk piagam yang diakui dalam PPDB. Kemudian piagam lainnya yang diakui adalah yang diterbitkan KONI atau cabang olahraganya dan piagam juara I hingga III minimal setingkat kabupaten/kota.

“Piagam yang dihargai hanya satu setiap peserta dan diambil yang tertinggi. Piagam yang dihargai itu juga harus mendapat pengesahan dari Dinas Pendidikan Lamongan terlebih dahulu. Untuk pendaftar yang memiliki prestasi juara perorangn tingkat provinsi dan nasional, dia bebbas memilih SMP/SMA/SMKN di Lamongan serta otomatis akan diterima sebagai calon siswa baru. Yang dimaksud juara perorangan ini adalah juara perorangan atau tunggal seluruh cabang olahraga, seni dan IPTEK serta juara perorangan ganda untuk cabor tenis meja, tenis lapangan dan bulu tangkis, “ urai dia.

Dalam surat edaran tersebut Dinas Pendidikan juga sudah menetapkan skoring untuk peserta dengan piagam kelompok (non perorangan) tingkat nasional dan provinsi serta piagam untuk tingkat kabupaten/kota baik perorangan maupun kelompok. Pagu untuk tingkat SMPN yang jumlahnya mencapai 48 lembaga tahun ini mencapai 272 rombongan belajar (baca : kelas) dengan 9.122 siswa. Pagu tersebut dikurangi alokasi untuk SMPN 1 dan 2 Lamongan dengan status rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI) yang sudah menyelenggarakan penerimaan terlebih dahulu. SMPN 1 dan 2 Lamongan pagunya sama, yakni 8 rombongan belajar dan 240 siswa.

Sementara untuk SMA dan SMKN yang jumlah lembaganya mencapai 19 lembaga, pagunya mencapai 120 rombongan belajar dan 3.992 siswa. Pagu ini dikurangi alokasi untuk dua sekolah dengan status RSBI, yaitu SMAN 1 dan 2 Lamongan. Di SMAN 1 Lamongan ditetapkan 9 rombongan belajar dan 288 siswa. Sedangkan di SMAN 2 Lamongan ditetapkan 10 rombongan belajar dan 320 siswa.

“Permulaan tahun pelajaran baru 2010/2011 adalah 12 Juli. Sementara pengumuman PPDB baik untuk SMP, SMA maupun SMKN dilakukan pada 7 Juli di masing-masing sekolah. Kemudian daftar ulang bagi yang diterima mulai 7 hinga 8 Juli dan pelaksanaan masa orientasi sekolah atau MOS dilakukan selam tiga hari mulai 12 hingga 14 Juli. Kecuali untuk RSBI, pendaftaran untuk PPDB ini gratis, “ tegasnya.

Tidak ada komentar: